Submit URL Google Search Console How To

Cara agar Website Disini nanti kita akan membahas tentang langkah untuk melakukan submit url pada dapat terindex oleh Google Search Engine Webmaster
Add Site to Google Webmaster

Google Webmaster - Masih kembali lagi bersama reboart.net. Kali ini kita akan ngebahas tentang cara agar url web kita dapat terindex oleh Google Search Engine. Mungkin buat kalian yang sudah tahu caranya, tentu saya rasa tidak perlu lagi membaca lebih lanjutnamun untuk kalian yang belum tahu wajib baca dengan cermat. Disini nanti kita akan membahas tentang langkah untuk melakukan submit url pada Google Search Console (GSC).


Sebelum kita lanjut lebih dalam pastikan sudah tahu apa itu GSC ya biar lebih mudah mengikti alurnya.

Cara Submit Url Google Search Console | Webmaster

Berikut langkah-langkah yang harus dilalui untuk menautkan website pada Google Seacrh

  1. Login GSC

    Langkah pertama yaitu kalian akses url Google Seach Console kemudian login dengan menggunakan akun google kita nanti kita akan mendapat 2 pilihan untuk melakukan submit. Sesuaikan dengan url website yang akan kita tautkan.

  2. Verifikasi Kepemilikan

    Pada tahapan selanjutnya adalah melakukan verifikasi kepemilikan website. Langkah ini untuk memverifikasi bahwa url website yang kita masukkan memang benar alias valid milik kita dan bukan dianggap bot yang melakukannya. Untuk melakukan tahap ini bisa menggunakan HTML File, HTML tag, GA (Google Analytics), GTM (Google Tag Manager), dan DNS (Domain Name Provider). Kita bisa memilih salah satu yang tersa mudah untuk melakukannya.
    Ok Mari kita bahas satu persatu pilihan verifikasi kepemilikannya

    HTML File
    Merupakan recommended verification method dengan mendownload file googlexxxee8.html dan kemudian upload pada folder public. method ini bisa kita gunakan apabila menggunakan hosting berbayar sendiri. Namun apabila domain yang akan kita verif berada pada blogger.com tentu tidak bisa melakukannya dengan file.
    Setelah upload file, kembali pada halaman GSC dan tekan verify lalu kemudiian tunggu hingga notif berhasil muncul.
    HTML Tag
    Nah jika method sebelumnya tidak bisa kita gunakan pada domain yang tertaut pada blogger.com lain cerit dengan HTMLtag. Untuk verify ownership menggunakan langkah ini cukup dengan meletakkan meta tag yang sudah disediakan setelah <head> pada website.
    Pada Blogger : Login blogger => pilih tema => edit HTML
    Pada WordPress : Instal Plugin Insert Header and Footer / Plugin Google
    Setelah diletakkan lalu kembali pada halaman GSC tadi dan klik veryfi.

    GA
    Selanjutanya melalui Google Analytics, buka GA => Buat Properti => pengaturan =>Tracking Info => Tracking Code => copas script pada home page website.
    GTM
    Atau dengan menggunakan Google Tag Manager. Buat Akun GTM =>Isi data sesuai form => Pilih Platform Web => Klik install Google Tag Manager. Nanti akan muncul script yang perlu diletakkan pada website. Setelah kita letakkan klik verify.
    DNS
    Nah kalau yang ini agak beda dengan GA/GTM/HTML tag/HTML File. Kita cukup Menambahkan DNS melalui member area dengan mengakses DNS Management atau melalui DNS Zone pada hoting pribadi.

    add record => Record type pili TXT => pada name bisa kita kosongin jika domain utama / isi subdomain => paste Text Data dari GSC => Save Record.
    KEmbali ke halaman verifikasi klik verify.

  3. Add Sitemap

    Langkah terakhir adalah menambahakan sitemap agar google dapat memindai konten yang tersedia pada website kita. Kita cukup pilih menu Sitemap pada GSC kemudian masukan url sitemap kalian. Untuk mengetahui sitemap kita cukup dengan mengakses urlwebsite/sitemap.xml.

Nah mudah bukan untuk manambahkan url web pada Google search console jika kalian ingin menautkan pada Bing dan Yandex hampir sama caranya. Nah Untuk caranya artikel sudah kita buatkan ada di artikel selanjutnya ya.

Post a Comment