Image File Types you need to know

Image File Types - Dalam desain grafis sering kita jumpai beberapa bentuk format file gambar atau ekstensi dan tentunya setiap jenis file gambar
Image File Types - Dalam desain grafis sering kita jumpai beberapa bentuk format file gambar atau ekstensi dan tentunya setiap ekstensi memiliki kualitas tersendiri. Untuk itu para desainer grafis perlu mengetahuinya agar tidak salah dalam penggunaannya. Jenis File Gambar

Image File Types

Daftar Jenis File Gambar | Image File Types

Berikut adalah beberapa Jenis File Gambar yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan penyimpanan pekerjaan Anda:
  1. PSD
  2. SVG
  3. EPS
  4. BMP
  5. GIF
  6. JPG/JPEG
  7. PNG
  8. PDF
  9. TIF
  10. PCX
  11. TGA
  12. SCT


PSD

PSD (Photoshop Document) adalah format file asli dari Adobe Photoshop.

SVG

Scalable Vector Graphics (SVG) adalah format berbasis XML (Extensible Markup Language) yang menjadi dasar untuk bentuk gambar Vektor 2D. Adalah file yang dikembangkan oleh W3C sejak 1999.

EPS

Encapsulated Postscript atau biasa disebut EPS, merupakan jenis file yang biasa digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen desain grafis lintas program dan juga untuk proses pencetakan. File jenis ini dapat dibuka di hampir semua jenis program yang digunakan untuk proses pencetakan. Selain itu, format EPS dapat disimpan dalam mode warna RGB, CMYK, Duotone, Grayscale, Lab, Indexed Color, dan Bitmap. Namun sayangnya, file jenis ini tidak mampu menyimpan alpha channel yang membuat pengguna Adobe Photoshop memilih untuk hanya menggunakan desain yang sudah jadi.

BMP

BMT (Bitmap image) adalah format file grafik yang bisa dikatakan fleksibel untuk pengguna Windows, membuat format jenis ini bisa dibuka melalui program grafik apapun. Jenis file bitmap sendiri mampu menyimpan informasi dengan tingkat kualitas 1 – 24 bit. Namun sayangnya, jenis file ini tidak dapat menyimpan alpha channel dan beberapa kendala dalam pertukaran platform.

GIF

Itu singkatan dari Graphic Interchange Format. Merupakan standar yang umum digunakan dalam publikasi elektronik dan file gambar internet. Pada file berformat gif kita hanya bisa menyimpan dalam 8 bit, artinya hanya beberapa mode warna yang didukung, yaitu Grayscale, Bitmap, dan Indexed Color. Namun, file gif ini mampu menyimpan animasi 2D yang biasa digunakan di internet dan perangkat elektronik.

JPG/JPEG

Itu singkatan dari Join Photography Expert Group. JPG/JPEG Biasanya kita temukan di halaman web, handphone dan komputer yang kita miliki. File jenis ini lebih sering digunakan untuk publikasi elektronik. Sehingga membuat jenis file ini memiliki ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, file ini mampu menyimpan alpha channel serta beberapa mode warna seperti CMYK, RGB dan Grayscale.

PNG

Ekstensi file yang merupakan singkatan dari Portable Network Graphic. Jenis file ini juga digunakan untuk menampilkan gambar di web. Kemampuannya untuk menyimpan dalam kedalaman bit hingga 24 bit dan juga latar belakang yang transparan menjadikannya keunggulan tersendiri. Selain itu, jenis file ini juga mampu menyimpan alphachannels.

PDF

Itu singkatan dari Protable Document Format. Umumnya digunakan dalam Adobe Acrobat dan beberapa aplikasi grafis berbasis piksel dan vektor lainnya. Mode warna yang bisa digunakan juga beragam, mulai dari RGB, CMYK, Collor Lab, Indexed Color, Grayscale dan Bitmap. Jangan lupa bahwa file ini juga mampu menyimpan saluran alpha. Kebanyakan dari mereka menggunakan kompresi JPG dan Zip.

TIF

File yang banyak digunakan oleh para desainer yang ingin mencetak karyanya ini merupakan singkatan dari Tagged Image Format File. Kemampuannya untuk mendukung kualitas hingga 32 bit dan juga dapat digunakan antar platform menjadikannya keunggulan tersendiri.

PCX

Ini adalah jenis file fleksibel yang dapat dibaca oleh hampir semua program di PC. Selain itu, PCX mampu menyimpan informasi bit mulai dari 1 - 24 bit. Tapi sayangnya alpha channel tidak bisa di save.

TGA

TGA/Targa adalah file yang digunakan untuk menyimpan hasil rendering dari program animasi. Jenis file ini hanya didukung pada platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. Selain itu, mode warna yang dapat disimpan juga sangat bervariasi, mulai dari 32-bit RGB dengan 1 alpha channel, 16-bit RGB atau 24-bit RGB yang tidak menggunakan alpha channel, Indexed Color.

SCT

File Scitex Continuous Tone (SCT) yang biasa digunakan untuk menyimpan file berkualitas tinggi di PC Scitex. Selain itu, ia juga mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, Grayscale, tetapi sayangnya tidak dapat menyimpan saluran alfa.

RAW

File yang cukup fleksibel untuk digunakan sebagai pertukaran antara aplikasi dan platform. Dilengkapi dengan mode warna RGB, CMYK, Multi Channel, Lab Color dan Duotone yang tidak menggunakan alpha

DCS

Itu singkatan dari Desktop Color Separation, file yang digunakan sebagai standar untuk .eps. Membuat file ini mampu menyimpan dengan menggunakan mode warna multi-channel dan CMYK. Jenis File Gambar. Selain itu, file ini juga mampu menyimpan clipping path yang biasa digunakan pada saat proses pencetakan berlangsung.

PIC

Format file PIC atau Pict yang sering digunakan dalam aplikasi grafik dan juga program pengolah teks yang dirancang

ICO

Format file ini merupakan jenis format image icon pada Microsoft Windows. Biasanya, jenis ini dalam satu file terdapat satu atau beberapa jenis gambar dengan berbaai ukuran.

WebP

File image yang dikembangkan oleh Google dengan gambar yang dihasilkan sangat bagus walupun sudah dicompress namun tidak mengalami perubahan kualitasnya. Biasanya, image type ini digunakan pada wesbite karena gamar yang dihasilkan sangat berkualitas dan tidak membebani loading website.

Post a Comment