Cara Membuat Twibbon Paling Mudah

Cara membuat twibbon di Hp, Cara membuat Twibbon di Laptop, Langkah membuat twibbon, Apa itu twibbon ?, ukuran twibbon menggunakan Canva dan Picsart
cara membuat twibbon

Bagi para pegiat media sosial ketika mendengar kata twibbon tentu sudah tidak asing lagi. Gambar yang berupa frame membingkai yang melekat pada foto. Desainnya pun sangat bermacam-macam bentuknya, mulai dari yang berbentuk minimalis design, falt design, hingga vintage designpun tersedia. Ragam desain tersebut disesuaikan dengan kampanye yang akan digelar.

Apa itu twibbon ?

Secara sekilas ketika kita amati bersama bahwa twibbon merupakan bingkai foto yang berbentuk softcopy (image). Dalam Macmillan Dict diterangkan bahwa twibbon merupakan gambar yang bersifat overlay dan dapat digunakan pada foto untuk menunjukan dukungan pada suatu tujuan. 

Penggunaan twibbon sendiri biasanya untuk meramaikan atau megkampanyekan acara tertentu. Format image twibbon biasanya PNG dengan tujuan untuk mempermudah penggunaan serta meminmalisir pengurangan kualitas gambar.

Manfaat Menggunakan Twibbon

Kesuksesan suatu event tentu bukanlah pencapaian yang mudah dan tentunya menggunakan promosi. Promosi yang digunakan dengan berbagai macam cara, mulai dari beriklan menggunakan jasa periklanan atau melakukan kampanye secara sukarela.

Penggunaan twibbon biasanya untuk membuat promosi dan juga untuk menambah nilai estetik foto pada sosial media. Semakin unik twibon yang dibuat maka dapat menarik orang untuk melihat lebih detail lagi.

Bagaimana Cara Membuat Twibbon

Proses pembuatan sangat tergolong mudah walaupun belum pernah membuatnya sekalipun asal mau belajar. Berikut sudah kami sajikan tentang cara membuatnya mulai dari yang menggunakan aplikasi pc, aplikasi hp, atau menggunkan web aplikasi.

Cara membuat Twibbon PC

Untuk membuatnya yang pertama kita bisa menggunakan komputer atau laptop dengan bantuan aplikasi desain grafis:

Cara membuat twibbon PhotoShop

Photoshop merupakan palikasi edit photo yang cukup populer dan sudah luman lama. Selain dapat digunakan untuk mengedit photo, photoshop juga bisa untuk membuat twibbon berikut adalah langkah - langkahnya :
  • Buka aplikasi adobe photoshop pada perangkat yang akan digunakan.
  • Silahkan buat Canvas baru dengan menekan tab File dan pilih New atau dengan menekan tombol CTRL + N.
  • Silahkan sesuaikan ukuran canvas sesuai dengan keinginan, untuk ukuran twibbon yang biasa digunakan sih berbentuk persegi namun tidak menutup kemungkinan untuk membuatnya dalam ukuran lain.
  • Setting background mennjadi transparan dan setelah itu klik Ok.
  • Buat layer baru denan menekan icon Creat a New Layer.
  • Setelah layer sudah ditambahkan silahkan buat desain twibbon yang di inginkan. Kita bisa menggunakan file part png yang bisa kita dapatkan melalui internet atau berkreasi sendiri dengan memanaatkan tools yang terdapat dalam aplikasi photosop.  
  • Setelah desain twibbon selesai tekan tab File kemudian pilih Save As dan simpan dalam format PNG. 

Cara membuat twibbon CorelDraw

CorelDraw merupakan aplikasi desain grafis yang berbasis vector yang banyak digunakan untuk membuat desain dalam bentuk vector. Walaupun demikian tidakn menutup kemungkinan untuk membuat twibbon. Nah berikut langkah - langkahnya :

  • Buka aplikasi CorelDraw pada perangkat yang akan diguanakan.
  • Silahkan buat Lembar baru dengan menekan tombol CTRL + N atau mealui tab File klik New.
  • Sesuaikan ukuran Canvas yang akan digunakan untk mempermudah menyusun desain twibbon agar tidak melebar.
  • Selanjutnya silahkann kreasikan desain twibbon yang diinginkan. Temen-temen bisa menggunakan tools yang ada atau menggunakan gambar png yang didapkan dari internet untuk menghiasi twibbon. Silahkan buat se-kreatif mungkin.
  • Apabila sudah silahkan ekspor dengan menekann tombol CTRL + E. Jangan lupa untuk menentang transparan dan file format yang digunakan adalah PNG.

Cara membuat twibbon di hp

Untuk membuat twibon tidak hanya bisa dilakukan menggunakan PC/Laptop saja namun menggunakan HP juga bisa. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara membuat twibbon transparan di canva

Cara membuat twibon dengan menggunakann keyword Canva bisa menggunakan template yang tersedia. Apabila sudah mempunyai konsep sendiri maka langsung saja tuangkan kedalam aplikasinya dengan cara :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Canva.
  • Pastikan part-part yang akan digunakan sudah tersedia semua mulai dari logo, hiasan yang akan digunakan.
  • Tekan tanda + pada aplikasi canva yang terdapat pada pojok kanan bawah untuk membuat lembar baru.
  • Sesuaikan ukuran layar kanvas yang akan digunakan.
  • Jika sudah, ceklis pada pojok kanan atas guna memulai melakukan edit.
  • Sisipkan logo, caption, hiasan yang akan digunakan, dan part lainnya kedalam canvas dengan menekan tombol plus (+).
  • Silahkan sesuai dengan keinginan.
  • Berikan space tranparan untuk meletakkan foto nantinya.
  • Untuk mengakhiri klik saja tombol yang berbentuk persegi terbuka yang terdapat panah hijau pada pojok kanan atas.
  • Silahkan klik menu simpan (untuk menyimpannya silahkan gunakan format PNG) dan cara membuat twibbon di Canva sudah selesai.

Cara membuat twibbon di picsart 

Langkah memasang twibbon dengan menggunakan aplikasi picart pada HP cukup mudah. Berikut langkah yang diperlukan namun sebelum itu jangan lupa untuk mengistall aplikasinya terlebih dahulu:
  • Buka aplikasi picsart milik temen-temen.
  • Klik plus (+) untuk membuat projec baru.
  • Masuk pada page editing untuk memulai melakukan edit.
  • Yang tidak boleh ketinggalan Siapkan twibbon yang akan digunakan.
  • Silahkan klik foto yang kan di proses pada kolom photos pada menu add photo.
  • Pilih twibbon yang akan di sisipkan.
  • Setting ukuran foto.
  • Silahkan save untuk menyimpan hasilnya.
Nah itulah cara membuat twibon paling mudah tidak ribet dan sangat simpel.

Ukuran Twibbon

Namun, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah tentang ukuran twibbon. Sebenarnya, ukuran twibbon dapat bervariasi tergantung dari kebutuhan dan platform yang digunakan. Namun, ada beberapa ukuran standar yang dapat Anda gunakan sebagai acuan:

Ukuran Twibbon untuk Facebook

Ukuran standar untuk twibbon di Facebook adalah 500 x 500 piksel. Namun, jika Anda ingin menggunakan ukuran yang lebih besar, Anda dapat menggunakan ukuran 1200 x 1200 piksel.

Ukuran Twibbon untuk Twitter

Ukuran standar untuk twibbon di Twitter adalah 400 x 400 piksel. Namun, Anda juga dapat menggunakan ukuran 1000 x 1000 piksel.

Ukuran Twibbon untuk Instagram

Ukuran standar untuk twibbon di Instagram adalah 1080 x 1080 piksel.


Selain ukuran tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat twibbon, seperti mengatur resolusi dan kualitas gambar agar tidak pecah atau blur ketika diunggah ke media sosial. Pastikan pula twibbon yang Anda buat sesuai dengan tema atau pesan yang ingin disampaikan.

Dalam membuat twibbon, Anda dapat menggunakan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Canva. Dalam aplikasi tersebut, Anda dapat mengatur ukuran dan kualitas gambar serta menambahkan teks atau elemen dekoratif lainnya.

Kesimpulannya, ukuran twibbon dapat bervariasi tergantung dari platform yang digunakan. Namun, ada beberapa ukuran standar yang dapat dijadikan acuan, seperti 500 x 500 piksel untuk Facebook, 400 x 400 piksel untuk Twitter, dan 1080 x 1080 piksel untuk Instagram. Pastikan twibbon yang Anda buat sesuai dengan tema atau pesan yang ingin disampaikan dan diunggah dengan resolusi dan kualitas gambar yang baik.

Post a Comment