Cara Memilih Warna Dalam Desain Grafis

warna desain grafis

Pengunaan warna yang tepat mampu membantu proses penyampaian pesan dengan baik. Warna sendiri merupakan salah satu masalah yang kerap kali muncul saat pembuatan desain. Itu karena warna mempunyai pengaruh terhadap psikologi dan fisiologi manusia.

Disadari atau tidak, pemilihan sebuah warna sangat membutuhkan waktu yang cukup lama. Desainer grafis perlu bekerja dengan ekstra walaupun hanya menentukan dua warna. Dalam memilih warna bukan hanya mengandalkan nilai estetik semata, kesesuaian dengan tema juga perlu agar pesan dapat tersampaikan dengan sempurna.

Merah, biru dan kuning merupakan warna dasar dari kemunculan warna-warna yang lainnya. Warna dasar atau warna primer merupakan warna yang mampu berdiri sendiri tanpa adanya apuran dari warna-warna lain. Menurut teori warna Brewster warna dikelompokkan menjadi 4 yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersien, dan warna netral.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Warna

Dalam seni rupa warna merupakan elemen terpenting sehingga perlu perhatian jeli dalam menentukannya. Untuk itu kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini dalam memilih warna. Tips pemilihan warna untuk percantik designmu.

Pelajari Warna Dengan Grafik Warna

Dengan pelajari grafik warna, kamu semakin lebih gampang menunjukkan pesan dalam designmu hingga gampang dimengerti oleh seseorang.
Pelajari grafik warna ini, kamu dapat mempraktikkannya dengan beragam program yang kamu pakai. Ini kali Mimin akan memberikan contoh memakai program Adobe.

Bila kamu memakai Adobe, kamu akan mendapatkan beberapa mode grafik, yakni

  1. Analogous ialah warna yang dekat keduanya pada colour wheel
  2. Monochromatic ialah hasilkan tiga warna yang lain dari sebuah warna yang kamu tentukan (3 warna berlainan pada sebuah garis ditambahkan dua warna pemisah yang sesuai)
  3. Triad ialah memilih warna dari grafik memakai tehnik segitiga
  4. Complementary ialah ambil warna memakai tehnik bersimpangan arah
  5. Compuond ialah ambil empat warna memakai tehnik bersimpangan arah
  6. Shades ialah ambil warna berdasar warna yang paling bersisihan
  7. Kustom ialah ambil warna secara bebas tanpa memakai tehnik ambil

Memadankan Warna Primer Dengan Warna Primer Lain

Warna primer terbagi dalam 3 warna, yakni biru, kuning, merah. Dengan memadankan 3 warna itu kamu dapat mendapatkan warna lainnya.
Seperti biru dengan kuning dapat hasilkan hijau, kuning dengan merah jadi jingga, dan biru dengan merah jadi ungu.

Bukan itu saja, kamu bisa juga memakai perbedaan saat memadankan warna. Merah dengan kuning dengan warna kuning semakin banyak akan hasilkan warna jingga muda dan bila warna merahnya semakin banyak akan hasilkan merah condong ke jingga.

Memadankan Warna Analog (Warna yang Bersisihan)

Warna analog ialah jenjang warna dari gelap ke jelas. Dengan memakai grafik warna, kamu dapat memilih warna yang bersisihan. Hingga bisa hasilkan warna gradasi yang elok.
Seperti hijau muda dengan hijau tua, biru dengan biru kehijauan, atau biru dengan biru langit.

Pelajari Warna Hangat dan Dingin (Saturasi Warna)

Untuk membuat situasi yang berkesan hangat atau tenang. Beberapa warna seperti biru dan nila umumnya lebih memiliki sifat tenang. Selanjutnya warna jingga, kuning, merah lebih berkesan hangat.

Dari warna hangat dan dingin ini kamu dapat membuat shade untuk desain kamu. Contoh kamu ingin membuat suatu desain mengenai keluarga, pasti kamu dapat memakai beberapa warna hangat. Seperti jingga, jingga kecoklat-coklatan, dan sebagainya.

Dan, seumpama kamu ingin membuat desain dengan situasi duka, kamu dapat memakai beberapa warna dingin. Seperti biru, biru kehijauan, dan sebagainya.
Manfaatkan Beberapa warna Tanah dan Netral
Walau umumnya tidak ada pada grafik warna, tapi beberapa warna ini bermanfaat untuk membikin nuansa gambar jadi semakin kelihatan.

Seperti bila kamu memilih warna denim, dapat dipadankan dengan warna putih. Atau saat kamu ingin pilih beberapa warna jelas seperti kuning, merah, atau biru dapat dipadankan dengan warna cokelat gelap.
Nach, itu beberapa tips pemilihan warna yang dapat kamu pakai saat membuat desain. Seperti contoh, desain grafis, animasi, dan sebagainya.

Kamu mulai bisa pelajarinya dengan setahap sekalian dipraktikkan ya guys. Supaya kelihatan bedanya saat kamu telah bertambah kekuatannya dan yang belum bertambah. Hingga dapat kamu dalami untuk membikin desain seterusnya.

Skema Warna

SKEMA WARNA ANALOG

Pola Analog ialah sebuah perpaduan warna dengan 2 - 4 gabungan warna yang berdekatan dari lingkaran warna atau dapat disebutkan berderetan. langkah penyeleksiannya dapat dengan diawali menentukakkn lebih dulu warna utam yang akan diambil selanjutnya seterusnya mengambil warna selanjutnya dari sisi warna khusus secara berderet. 

Perpaduan warna yang terletak berdekatan itu ialah Pola Analog, kombinasinya dapat 2 warna, 3 warna,
bahkan juga 4 warna. yang paling penting berdekatan. dan warna nya tidak harus seperti gambar di atas,
rekan-rekan dapat me-rotasi nya ke warna yang diharapkan.

SKEMA WARNA KOMPLEMENTER

Pola Warna Komplementer ialah Kombinasi di antara 2 buah warna yang bersebrangan pada lingkaran warna membuat pojok 180 derajat lempeng. kombinasi warna dengan pola komplementer membuat warna yang benar-benar kontras pada ke-2 nya. Dalam implikasinya, rekan-rekan semua dapat memutar jarum itu, sampai ke warna tujuan.

SKEMA WARNA TRIADIK

Pola Warna Triadik sebagai pola warna yang kombinasi terbagi dalam gabungan 3 warna dan sepintas
membuat segitiga sama-sisi. dan kombinasi pola ini juga hasilkan beberapa warna yang kontras, misalnya Merah, Biru, dan Kuning. dan ada banyak warna yang masih didapatkan dengan memutar nya pada kutub nya pada lingakran warna.

Gabungan warna pada pola ini, memiliki bentuk nyaris seperti pola triadik yakni segitiga, Tetapi untuk
pola ini kelihatannya lebih ke segitiga sama kaki bila diambil garis lempeng. Pola ini sebagai turunan dari Pola Complementary, di mana memiliki kombinasi 2 warna yang bersebrangan, tetapi  perbedaannya di Spilt Complementary kombinasinya memakai 3 warna, di mana salah satunya
segi nya terbagi dalam 2 sisi warna berperan mereduce warna kontras khusus yang tinggi jika dalam pola complementary.

SKEMA WARNA TETRADIK

Pola Warna Tetradik ialah sebuah perpaduan warna pada lingkaran warna dengan wujud alurnya seperti
huruf "X" dalam jarak/jeda 1 warna. Gabungan berwarna terbagi dalam 4 warna, di mana masing
terbagi dalam 2 warna yang sama-sama berpasangan dan bersimpangan. Contoh aplikasinya dapat dipisah 2 dari 4 warna dipilih, seperti 2 warna untuk Element pertama dan 2 warna kembali untuk Element Ke-2 .

SKEMA WARNA SAMA SISI

Pola Warna Sama Segi sebagai kombinasi warna dari 4 biji warna pada Colour Wheel dengan membuat skema "Plus(+)" dengan jeda 2 warna. Pola warnna ini hampir serupa dengan dengan Pola
Warna Tetradik, cuman ketidaksamaan jeda nya saja.

Psikologi dan Filosofi Warna Design

Tidak boleh salah, penyeleksian warna rupanya justru demikian penting dalam membuat sebuah merek. Bila kita saksikan brand-brand besar diluaran sana, tentu mereka mempunyai warna keunikan tertentu.

Dalam dunia desain, warna memang mempunyai makna filosofis masing-masing. Warna umumnya akan memberi dampak psikis tertentui untuk siapa saja yang menyaksikannya. Kita umumnya dapat mengatakan dengan istilah ‘kesan'.

Untuk designer, pelajari filosfi warna ialah suatu hal yang harus karena akan tentukan identitas satu merek. Inilah arti warna desain logo menurut psikologi yang dapat menjadi rekomendasi.

Berikut tujuh arti psikologi warna dalam design simbol dan branding.

Warna hitam

Beberapa merek populer baik luar atau dalam negeri kerap memakai warna hitam sebagai warna logo mereka. Apa sebetulnya makna warna hitam itu?

Hitam umumnya diartikan sebagai warna yang misteri sebagai bayangan atau yang lain. Namun dalam dunia desain, hitam tinggalkan kesan-kesan kuat, menawan, dan netral. Warna ini bagus untuk suatu merek yang resmi atau memprioritaskan kehebatan dalam produknya.

Warna biru

Biru menurut psikis diartikan sebagai warna yang tinggalkan kesan-kesan ketenangan, kenyamanan, dan kesegaran. Maka dari itu, warna ini umumnya dipakai oleh simbol perusahaan air minum. Itu, warna ini rupanya tinggalkan kesan-kesan psikis seperti tanggung-jawab dan keyakinan.

Warna merah

Seterusnya, inilah arti warna desain logo menurut psikologi yang baik untuk branding. Tidak lain ialah warna merah.

Tentu Freebuddies sering kali menemui simbol perusahaan warna merah, kan?. Maklum karena warna ini lebih terkenal dari warna yang lain.

Simak juga: Design Undangan Pernikahan yang Memberikan inspirasi
Merah pancarkan energi semangat, keberanian, cinta, dan kekuatuan. Besar uga peluang warna merah dapat mengunggah calon customer untuk coba satu produk.

Warna hijau

Warna alam ialah panggilan untuk sang Hijau. Disimpulkan untuk sumber kehidupan, kesegaran, dan perasaan aman. Umumnya hijau ini digunakan dalam sebuah perusahaan yang berbasiskan tehnologi atau minuman. Karena mempunyai makna kesuburan, warna hijau memberi kesan-kesan tekad, uang, dan kekayaan.

Warna Kuning

Kuning ialah warna keceriaan dan keinginan. Seperti cahaya matahari yang membuat hari kita semangat.

Dalam dunia desain simbol, warna kuning tinggalkan kesan-kesan kebahagiaan dan kemasyhuran. Maka dari itu, dalam industri inovatif kuning diputuskan sebagai warna logo branding.

Warna coklat

Warna cokelat sama dengan warna kayu. Simpel ialah kesan-kesan yang diakibatkan oleh warna ini. Bila dipakai sebagai latar belakang maka tinggalkan kesan-kesan retro atau zaman dulu. Pas dipakai untuk simbol sebuah perusahaan yang telah ada lama.

Warna ungu

Setelah itu warna ungu. Seperti warna hitam, ungu memberi kesan-kesan yang misteri yang memikat.

Tidak itu saja, ungu memiliki arti kekreativan, khayalan yang tinggi dan menawan. Tidaklah aneh bila warna ungu kerap dipakai dalam simbol produk kecantikan, mode, atau perhiasan.
Dalam dunia desain kerap memakai gabungan warna dari beberapa warna di atas untuk tinggalkan kesan-kesan tertentu. Selainnya beberapa warna yang telah disebut, ada banyak kembali yang dapat didalami dari warna yang lain.
Dari penjelasan di atas diharap bisa memberikan deskripsi untuk Freebuddies mengenai makna warna pada desain logo menurut psikis.

Situs Mencari Warna Desain Grafis

Situs-pallete-color

Ada kalanya sebagai seorang pendesain grafis kamu berasa jemu dengan design yang itu melulu. Tidaklah aneh bila pada akhirnya kamu memilih untuk cari ide dari beragam sumber seperti buku, majalah, dan beberapa situs web khusus untuk beberapa pendesain grafis. Nach, berikut adalah situs terbaik yang bisa dipakai oleh kamu yang sedang mencari ide warna dalam membuat design.

ColourLovers

Situs terbaik pertama kali yang bisa kamu datangi saat cari ide warna ialah http://www.colourlovers.com/. ColourLovers sebuah komune beberapa pendesain grafis yang ingin share ide dalam membuat sebuah design grafis. Di website itu, kamu bisa memakai opsi beberapa menu yang ada untuk cari warna baru yang tentu saja semakin fresh.

Material Palette

Buat kamu yang mencari ide warna dalam membuat design web, situs http://www.materialpalette.com/ benar-benar pas dalam memberi jawaban. Ini karena saat kamu pilih dua tipe warna pada opsi yang ada, karena itu situs itu secara automatis membuat suatu antar-muka seperti sebuah web yang bisa dipakai untuk menyamakan warna.

Flat UI Colour Picker

Situs terbaik untuk pendesain grafis yang suka memakai flat desain ialah http://www.flatuicolorpicker.com/. Keunggulan pada website ini ialah kamu bisa pilih warna sesuai kelompok dengan memakai mekanisme navigasi yang paling gampang. Disamping itu, kamu bisa juga loh mengenali beberapa nama warna yang hendak kita pakai. Menginspirasi sekalian mendidik, kan?

Coolors

https://coolors.co/ sebuah situs untuk pendesain grafis yang memungkinkannya untuk membenahi temperatur, warna, kecemerlangan, dan saturasi. Kamu cuman hanya click tombol yang ada secara mudah. Tidak memerlukan waktu lama untuk mendapati ide warna yang kamu perlukan.

Colour Hunter

Ingin membuat palet warna dari design grafis yang kamu bikin? http://www.colorhunter.com/ bisa sediakan sampai lima warna paling atas yang pas dengan desainmu. Opsi yang pas untuk mendapati warna terbaik yang sama sesuai dan bisa membuat design grafis yang kamu buat makin memikat.

Colour By Hailpixel

Situs terbaik dan simpel yang bisa dipakai oleh beberapa pendesain grafis pencarian ide warna, yakni https://colour.hailpixel.com/. Di website itu, pengunjung perlu gerakkan cursor untuk mendapati warna yang diharapkan. Kamu bisa lakukan scroll up dan down untuk atur saturasinya.

BrandColor

Ingin tahu dengan warna yang dipakai pada design merek terkenal? Situs http://brandcolors.net/ sediakan info yang paling komplet mengenai beberapa warna yang dipakai oleh beberapa pendesain grafis merek terkenal di penjuru dunia. Kamu bisa mendapati ide pola warna dari merek itu untuk selanjutnya jadi rekomendasi dalam membuat desainmu sendiri.

Post a Comment for "Cara Memilih Warna Dalam Desain Grafis"

www.domainesia.com